Macam-Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek

Posisi start dalam lari jarak pendek, 
Macam-Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek ~ Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. Oleh karena itu, faktor utama yang menentukan lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan yang sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.

Nomor-nomor lari jarak pendek yang dilombakan meliputi 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Lari jarak pendek biasanya disebut lari sprint. Pelari jarak pendek dikenal dengan sebutan sprinter. Sedangkan teknik start yang digunakan dalam lari jarak pendek ialah start jongkok.

Khusus start jongkok dalam lari jarak pendek mempunyai beberapa macam, yaitu  Start pendek (bunch start), Start menengah (medium start), dan Start panjang (long start); pembagian start jongkok tersebut disesuaikan dengan jarak nomor lari jarak pendek yang diperlombakan.

Pada nomor lari jarak pendek 100 meter menggunakan start pendek atau bunch start, nomor lari jarak pendek 200 meter menggunakan start menengah atau medium start, dan nomor lari jarak pendek 400 meter menggunakan start panjang atau long start. Selain itu yang membedakan ketiga macam start jongkok tersebut ada pada posisi startnya.


Pada start pendek pelari atau sprinter memulai start dengan posisi sejajar, sedangkan pada pada start menengah pelari agak merenggang, sedangkan pada start panjang posisinya lebih berjauhan lagi. Untuk lebih mengetahui posisi ketiga macam start tersebut pada lintasan lari jarak pendek, perhatikan gambar diatas.
Cara melakukan start pendek, menengah, dan panjang, 

Adapun cara untuk melakukan ketiga macam start jongkok tersebut, adalah sebagai berikut.
  • Cara Melakukan Start Pendek (Bunch Start)
  • Kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kaki kiri sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.
  • Cara Melakukan Start Menengah (Medium Start)
  • Kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan diletakkan di belakang garis start dengan empat jari-jari rapat. Ibu jari terpisah.
  • Cara Melakukan Start Panjang (Long Start)
  • Kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru

Tolak peluru [zimbio.com] ,  Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru ~ Tolak peluru merupakan salah satu olahraga hasilnya ditentukan ...

Recent Posts

Arsip Blog