Cara Melakukan Start Pada Perlombaan Renang Gaya Kupu-Kupu

Start renang gaya kupu-kupu
Cara Melakukan Start Pada Perlombaan Renang Gaya Kupu-Kupu ~ Menurut sejarahnya renang gaya kupu-kupu merupakan gaya yang terbaru dari gaya-gaya yang diperlombakan, gaya kupu-kupu merupakan modifikasi dari gaya dada yaitu terlihat dari gerakan kaki yang sama dengan gaya dada serta gerakan tangan gerakan lengannya dalam mendayung berlawanan arah dengan gaya dada. Pada tahun 1952 dengan keputusan FINA, gaya kupu-kupu dipisahkan dari gaya dada menjadi gaya yang berdiri sendiri.

Renang gaya kupu-kupu merupakan salah satu dari empat gaya yang diperlombakan dalam beberapa event olahraga, selain gaya kupu-kupu terdapat pula gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung. Sementara itu pada gaya kupu-kupu diperlombakan beberapa nomor pertandingan berdasarkan jarak tempuhnya yaitu 100 m dan 200 m.

Pada awal perlombaan, setiap perenang akan bersiap melakukan start pada pinggir kolam tepatnya para perenang tersebut akan berdiri pada balok start dengan tinggi balok start antara 0,5 m hingga 0,75 dari permukaan air. Ukuran balok start adalah 0,5 x 0,5 m, dan di atasnya dilapisi bahan antilicin. Kemiringan balok start tidak melebihi 10°.

Cara melakukan start pada perlombaan renang gaya kupu-kupu sama dengan yang dilakukan pada perlombaan renang gaya bebas dan gaya dada, yaitu bersiap dipinggir kolam dengan posisi tubuh membungkuk dengan kepala menghadap kebawah, tangan lurus kebawah dan memegang bagian depan balok start. Sementara itu kaki ditekukkan sedikit, salah satu kaki diarahkan kebelakang dan kaki yang satunya dimajukan kedepan sampai menyentuh tangan.


Pada aba-aba pertama para perenang bersiap-siap dengan melakukan ancang-ancang untuk meluncur kedalam kolam, kemudian pada aba-aba kedua semua perenang terjun ke dalam kolam dengan cepat, dengan bantuan kaki sebagai penumpu. Pada saat berada di bawah permukaan air sikap tubuh lurus dengan tangan membentuk seperti tombak, sementara bagian bawah tubuh digerakkan seperti ekor ikan.

Pada saat muncul diatas permukaan air, tangan langsung digerakkan seperti mendayung atau seperti gerakan sayap kupu-kupu sementara tubuh bagian bawah tetap digerakkan seperti ekor ikan yang sedang berenang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klasifikasi Daerah Persebaran Fauna di Dunia Menurut Alfred Russel Wallace

Ilustrasi [Emaze] ,  Persebaran Fauna di Dunia Menurut Alfred Russel Wallace ~ Fauna atau hewan yang ada di permukaan bumi penyebaranny...

Recent Posts

Arsip Blog