Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Menengah

Finishdalam lari jarak menengah [image by www.kesekolah.com], 
Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Menengah ~ lari merupakan salah satu cabang olahraga dari atletik, dan pada cabang olahraga lari terbagi lagi kedalam beberapa nomor yang diperlombakan salah satunya yaitu nomor lari jarak menengah. Nomor li jarak menengah terbagi lagi kedalam tiga nomor berdasarkan jarak tempuhnya yaitu nomor 800m, 1500 m, hingga 3000 m.

Selain teknik start serta teknik berlari satu lagi faktor yang dapat menentukan keberhasilan pada nomor lari jarak menengah yaitu teknik memasuki garis finis, sebab tidak sembarang pada saat akan memasuki garis finish saat berlomba, salah-salah kita akan kehilangan posisi saat detik-detik terakhir. Untuk itu perlu untuk melakukan latihan secara rutin agar dapat menguasainya.

Seperti yang dibahas sebelumnya, memasuki garis finish merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mencapai sukses dalam lari. Keterlambatan persekian detik memasuki garis finish sangatlah rugi, sebab kita bersaing dengan para pelari yang juga mempunyai kecepatan serta teknik yang baik. Adapun cara memasuki garis finish dalam lari jarak menengah adalah sebagai berikut :
  • Lari terus tanpa mengubah sikap lari.
  • Dada maju, kedua tangan lurus ke belakang rileks.
  • Salah satu bahu maju ke depan (dada diputar ke salah satu sisi).
  • Kepala ditundukkan, kedua tangan di ayun ke belakang
  • Membusungkan dada ke depan, saat menjelang garis finish.
  • Frekuensi kaki dipercepat, langkah diperlebar.
  • Jangan melakukan gerakan melompat pada saat memasuki garis finish.
  • Perhatian di pusatkan pada garis finish.
  • Apabila ada pita finish jangan berusaha meraih dengan tangan.
  • Jangan berhenti mendadak setelah melewati garis finish.

Walaupun terlihat mudah jika dilihat dan dibaca, akan tetapi jika kita mengerjakannya akan terlihat sulit. Maka dari itu dengan melakukan latihan yang teratur akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan saat akan memasuki garis finish dalam lari jarak menengah.

Adapun kesalahan yang sering terjadi ketika memasuki garis finish lari jarak menengah adalah sikap badan kaku, memperlambat kecepatan, meloncat, tangan berusaha meraih pita garis finish, cara ayunan tangan/kaki yang kurang pas, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut.

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai cara memasuki garis finish dalam lari jarak menengah, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai nomor lari jarak menengah.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru

Tolak peluru [zimbio.com] ,  Bentuk Latihan Teknik Dasar Tolak Peluru ~ Tolak peluru merupakan salah satu olahraga hasilnya ditentukan ...

Recent Posts

Arsip Blog