Bentuk dan Panjang Lintasan Lari

Gambar ilustrasi lintasan lari estafet, 
Bentuk dan Panjang Lintasan Lari ~ Baru-baru ini Indonesia digegerkan dengan salah satu putra terbaik bangsa yang dapat meraih medali emas dalam kejuaraan dunia lari 100 m dalam ajang Kejuaraan IAAF U20 di Finlandia. Sprinter muda Indonesia ini mencatatkan diri sebagai yang tercepat setelah mengukuhkan waktu 10,18 detik, dan mengalahkan pelari dari negara langganan juara lari sprint.

Lari merupakan salah satu cabang olahraga dari Atletik, olahraga lari terbagi lagi menjadi beberapa nomor yang diperlombakan, yaitu lari jarak pendek atau sprint (100 m, 200 m, dan 400m), lari jarak menengah (800 m, 1500 m, dan 3000 m), lari jarak jauh (5000 m dan 10000 m), lari estafet, dan lari gawang.

Perlombaan lari biasanya dilakukan didalam stadion atau pada lintasan yang telah disediakan, akan tetapi biasa juga ada beberapa perlombaan yang dilakukan diluar stadion, misalnya lari jarak jauh atau maraton, dan lari halang rintang. Pada umumnya lintasan lari atletik berbentuk oval atau lonjong, tidak bulat sempurna.

Dalam lintasan lari tersebut terbagi menjadi delapan lintasan. Ukuran panjang setiap lintasan berbeda, sehingga dalam beberapa nomor lari, posisi start tidak disama ratakan. Pada lintasan pertama panjang lintasan satu putaran 400 m, ini adalah jarak normal lintasan lari, sedangkan pada lintasan delapan jarak atau panjang lintasan satu putaran 453 m.

Lintasan lari biasanya dibagi menjadi enam lintasan, akan tetapi terkadang kita melihat perlombaan lari sampai diikuti oleh delapan bahkan sembilan pelari, sehingga jika dihitung-hitung lebar lintasan lari antara 7,32 m sampai dengan  10,98 m, sebab lebar setiap lintasan pelari ialah 1,22 m.


Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada beberapa nomor lari, panjang lintasan pertama berbeda dengan lintasan kedelapan atau kesembilan. Walaupun demikian, itu tidak akan merugikan pemain yang menempati lintasan yang sebelah luar (lintasan 8 atau lintasan 9) sebab posisi start dibedakan menurut perbedaan jarak antar lintasan.

Contohnya dapat kita lihat pada nomor lari estafet 4 x 100 meter, pada saat start posisi pemain tidak sama dimana jika dilihat pelari dilintasan pertama berposisi paling belakang, sedangkan pelari yang berposisi dilintasan kedelapan atau kesembilan berposisi paling dapan. Akan tetapi sebenarnya sama, sebab panjang lintasan pertama dan kedelapan mempunyai perbedaan 53 meter.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien) ,  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi  (Gaya O'Brien) ~ Tolak peluru adalah suatu ben...

Recent Posts