Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Berguling ke Belakang (Back Roll) dan Berguling ke Depan (Forward Roll)

Gambar ilustrasi gerakan berguling ke belakang dan berguling ke depan, 
Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Berguling ke Belakang (Back Roll) dan Berguling ke Depan (Forward Roll) ~ Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Akan tetapi sebagian orang juga melakukan senam untuk menjaga kesehatan, misalnya senam kebugaran jasmani (SKJ), senam hamil, dan lainnya.

Senam lantai adalah salah jenis senam yang dilakukan diatas lantai yang dilapisi dengan matras atau karpet untuk mencegah terjadinya cedera saat melakukan kesalahan ketika senam. Terdapat geraan-gerakan dasar dalam senam lantai, salah duanya ialah gerakan berguling ke belakang dan berguring ke depan. Apa pengertian gerakan berguling ke belakang dan ke depan?

Berguling ke belakang adalah bentuk gerakan mengguling yang dimulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir kedua kaki. Sedangkan Guling ke depan adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Adapun cara melakukan kedua gerakan ini adalah sebagai berikut.

1. Berguling ke belakang (back roll)

Cara melakukan guling ke belakang (backroll) adalah sebagai berikut.
  • Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
  • Gulingkan badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap mendekat dada, telapak tangan didekat telinga.
  • Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala, jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
  • Dorong lengan ke atas, kedua kaki dilipat sampai ujung kaki sehingga dapat mendarat di atas matras, lalu kembali ke sikap jongkok dengan lengan lurus ke depan.

2. Berguling ke depan (forward roll)

Cara melakukan guling ke depan (forward roll) sebagai berikut.
  • Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, kedua telapak tangan sejajar bahu.


  • Letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu.
  • Tekuk siku ke samping, masukan kepala di antara kedua tangan, sentuhkan tengkuk ke matras, bergulinglah ke depan dengan cara mendorong berat badan ke depan pelan-pelan.
  • Selanjutnya, melipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada, tangan merangkul lutut.
  • Gerakan akhir adalah jongkok dengan kedua kaki rapat.

Kedua gerakan ini jika dikuasai dan dilakukan dengan baik dan benar akan sangat baik, sebab gerakan ini bisa dikombinasikan atau digabungkan dengan gerakan-gerakan dasar senam lantai lainnya untuk menghasilkan gerakan yang indah. Bukankah senam merupakan gabungan dari beberapa gerakan sehingga menghasilkan keserasian dan keindahan?

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien) ,  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi  (Gaya O'Brien) ~ Tolak peluru adalah suatu ben...

Recent Posts