Perbedaan Cara Melakukan Gerakan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok

Vaulting Horse, 
Perbedaan Cara Melakukan Gerakan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok ~ Senam ketangkasan ialah rangkaian gerakan senam lantai yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu, jadi jika senam lantai tidak menggunakan alat sama sekali maka pada senam ketangkasan malah gerakannya dibantu oleh alat.

Adapun alat bantu yang biasanya digunakan dalam senam ketangkasan antara lain Kuda Pelana (Pommel Horse), Gelang-gelang (Rings), Kuda Lompat (Vaulting Horse), Palang Sejajar (Parallel Bars), Palang Tunggal (Horizontal Bar), Kuda Lompat (Vaulting Horse), Palang Bertingkat (Uneven Bars), Balok Keseimbangan (Balance Beam), dan lainnya.

Dari beberapa gerakan yang dapat dilakukan pada senam ketangkasan, salah duanya ialah gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok. Kedua gerakan lompat ini menggunakan alat bantu yaitu kuda lompat atau vaulting horse. Menurut teman-teman, apa yang membedakan kedua gerakan tersebut? Sebelum dijawab, coba kita lihat dulu cara melakukan kedua gerakan tersebut dibawah ini.

1. Gerakan lompat kangkang
Lompat kangkang, 
Gerakan lompat kangkang adalah gerakan dengan bentuk meloncat melewati rintangan dan pada saat badan sedang melayang di atas kuda-kuda tangan direntangkan, kedua tungkai lurus dan direntangkan untuk dapat lewat samping kanan dan kiri alat bantu.

Pertama, awali dengan lari cepat dengan badan condong ke depan, Kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan, badan lurus, dan tungkai dipisahkan.

Kedua, saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya. Badan melayang di atas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan dengan pandangan tetap ke depan. Ketiga, mendarat dengan ujung kaki mengeper dan kedua lengan direntangkan ke atas.

2. Cara melakukan gerakan lompat jongkok
Lompat jongkok, 
Gerakan lompat jongkok (squat vault) adalah gerakan melompat melewati rintangan, yang dalam hal ini adalah alat bantu berupa kuda lompat.  Untuk melakukan lompat jongkok diperlukan tolakan kedua kaki dan dorongan kedua tangan pada kuda lompat. Cara melakukan lompat jongkok tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut.

Pertama, awalan dengan lari cepat dan badan condong ke depan. Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan ke atas, badan melayang, tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda, dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan. Kedua, kedua lengan menolak dengan sekuat tenaga dan lutut dilipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada di atas ujung kuda-kuda. Ketiga, mendarat pada ujung kaki dan mengeper dengan kedua lengan direntangkan ke atas.


Pada penjelasan diatas dapatlah kita mengetahui letak perbedaan antara lompat kangkang dan lompat jongkok yang sama-sama menggunakan alat bantu berupa kuda-kuda lompat. Letak perbedaannya ada pada posisi kaki pada saat diatas alat bantu kuda-kuda lompat, dimana jika pada lompat kangkang kedua tungkai kaki lurus dan direntangkan (ngangkang)  untuk melewati kuda-kuda lompat.

Sedangkan pada gerakan lompat jongkok, untuk melewati alat bantu kuda-kuda lompat kedua kaki ditekuk seperti lagi sedang jongkok sehingga dapat melewati alat bantu kuda-kuda lompat. Sebagai info, alat bantu kuda-kuda lompat dapat pula diganti dengan bangku, peti lompat, dan lainnya. Sedangkan sedangkan papan jejak atau papan tolak dapat menggunakan beat board atau tremplin.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien) ,  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi  (Gaya O'Brien) ~ Tolak peluru adalah suatu ben...

Recent Posts