Pola Serangan Permainan Tenis Meja Menggunakan Teknik Dasar

Permainan tenis meja [image by ikhtisarmateri.blogspot.com], 
Pola Serangan Permainan Tenis Meja Menggunakan Teknik Dasar ~ Tenis meja merupakan sebuah permainan raket yang menggunakan meja dengan ukuran tertentu sebagai tempat bermain, permainan ini banyak dimainkan pada saat sedang bersantai. Untuk memainkan permainan ini, diperlukan penguasaan beberapa teknik-teknik dasar, salah satunya teknik dasar memukul bola.

Dalam taktik penyerangan, teknik dasar memukul bola dalam permainan tenis meja sangat berguna dan efektif untuk mendapatkan poin. Taktik penyerangan diperlukan untuk memenangkan pertandingan. Serangan yang cepat dan keras dapat mematahkan lawan, namun hal ini ditunjang dengan teknik dasar yang baik. Dalam suatu pertandingan, pemain harus dapat mengambil inisiatif dalam permainan, maka penguasaan teknik dan pola penyerangan menjadi hal yang wajib dikuasai oleh pemain.

Membuka serangan haruslah melihat datangnya bola. Dekat jauhnya bola dari net harus diperhatikan, kemudian pemain dapat menentukan serangan. Bola yang jatuh dekat net harus dapat dijangkau dengan serangan dekat net. Tetapi bola yang jatuh di luar jangkauan serangan haruslah mengejar atau mendekati net dahulu, kemudian lakukan serangan jarak jauh.

Keuntungan serangan jarak jauh ialah pemain mempunyai waktu untuk bersiap dan lebih mudah untuk mengontrol bola. Serangan jarak jauh dapat digunakan untuk menghadapi cut defensive jarak pendek atau melakukan counter attack. Berikut adalah cara melakukan serangan dengan menggunakan beberapa teknik dasar.

1. Forehand drive

Cara melakukannya:
  • Kaki kiri di depan, badan menyerong ke kanan 45 derajat, lutut dibengkokkan.
  • Bet di samping badan dengan posisi agak ke belakang, kepala bet menghadap tanah dengan lengan ke bawah.
  • Pada saat bola menuju arah pemain, lengan diayunkan ke depan dengan menggesekkan di bagian belakang bola untuk bola kosong dan di bagian bawah untuk bola isi.
  • Pergelangan tangan ikut membantu menggesek bola ke atas, sehingga bet berhenti di samping kiri atas kepala.

2. Backhand drive

Cara melakukan:
  • Kaki kanan di depan, badan menyerong ke kiri dengan lutut dibengkokkan.
  • Bet ditarik ke samping badan dekat pinggang sebelah kiri hingga lengan atas menempel di dada, kepala bet agak menghadap tanah.
  • Posisi tersebut dilakukan pada saat bola lawan menuju ke arah pemain.

3. Smash bola melambung

Cara melakukan:
  • Kaki kiri di depan, badan agak miring ke kanan dengan berat badan bertumpu pada kaki kanan.


  • Lengan ditarik ke belakang dan pinggang miring ke kanan belakang.
  • Setelah bola mental dengan titik teratas, lengan mulai diayunkan dari bawah ke atas memukul dan menekan bola ke bawah.

4. Forehand loop drive

Cara melakukan:
  • Kaki kiri di depan, badan miring ke kanan dengan pundak kiri menghadap meja, lengan ditarik ke belakang sehingga bet mendekati lutut kaki kanan.
  • Setelah bola mental pada titik terakhir lengan dibantu dengan kekuatan lutut kaki kanan dan badan menggesek bola ke atas, bet berhenti di belakang kepala dan loop drive dilakukan dengan pergelangan tangan, siku dan lengan.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien) ,  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi  (Gaya O'Brien) ~ Tolak peluru adalah suatu ben...

Recent Posts