Sejarah Singkat Pencak Silat

Pencak Silat [image by senipencak.nyimuetz.com], 
Sejarah Pencak Silat ~ Pernah mendengar nama Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, atau Cecep Arif Rahman? Mereka merupakan aktor laga yang mempunyai dasar ilmu bela diri Pencak Silat. Atau Eko Febrianto, Yachser Arafa, Komang Adi Putra, Abdul Malik, dan Iqbal Candra yang merupakan atlit andalan untuk Asian Games 2018.

Indonesia memang banyak sekali memunculkan pesilat-pesilat yang handal, hal itu ditunjang oleh banyaknya perguruan-perguruan silat yang ada di Indonesia, selain itu Pencak Silat memang salah satunya berasal dari Indonesia. Bagaimana sejarah pencak silat?

Pencak silat diperkirakan menyebar di Kepulauan Nusantara pada abad ke-7 Masehi. Saat ini, pencak silat telah diakui sebagai budaya suku Melayu, yaitu para penduduk daerah pesisir Pulau Sumatra dan Semenanjung Malaka, serta kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu. Di berbagai daerah di pulau-pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi, telah mengembangkan silat tradisional.

Penyebaran agama Islam pada abad ke-14 di Nusantara telah diajarkan bersamaan dengan silat. Silat berkembang dari ilmu beladiri dan seni tari rakyat yang menjadi bagian dari latihan spiritual. Selanjutnya, perkembangan silat didorong oleh para ahli beladiri dari keraton serta para pendekar silat lainnya, yang legenda kehebatan ilmunya banyak tersebar di seantero wilayah nusantara. Sebagai contoh, bangsa Melayu terutama di Semenanjung Malaka meyakini legenda bahwa Hang Tuah dari abad ke-14 merupakan pendekar silat yang terhebat.


Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara. Bahkan kini hampir semua negara di Asia Tenggara sudah mempunyai pesilat-pesilat tangguh.

Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Sementara itu organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien)

Gaya Membelakangi (Gaya O'Brien) ,  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi  (Gaya O'Brien) ~ Tolak peluru adalah suatu ben...

Recent Posts